29 Maret 2011

Cara Hack Facebook dan Menghindarinya

Facebook Hacking ini sangat ramai dibicarakan. Sebelumnya saya tidak berniat menulis artikel tentang"cara Hack Facebook" karena toh saya bukan seorang Hacker. Berawal dari banyaknya teman2 saya yang Facebook-nya kena hack, maka saya akan mengulas bagaimana cara umum meng-hack akun Facebook agar anda tau cara menghindari agar akun Facebook anda tidak di-hack.

Situs Facebook bukanlah situs kacangan yang dengan mudah bisa di-hack. Jadi,seringnya kasus jebolnya akun Facebook karena para Facebook Hacker bisamemanfaatkan KECEROBOHAN DAN MINIMNYA PENGETAHUAN FACEBOOK USER.

Perhatikan dengan seksama beberapa cara umum hack Facebook dan cara menghindarinya dibawah ini (CTT: SAYA TIDAK MELAMPIRKAN SCRIPT ATAUPUN SOFTWARE YANGDIGUNAKAN):


1. Phising ( Fake Login Facebook )
Phising merupakan istilah yang diambil dari kata Fishing yang artinya Memancing.

Phising didunia internet berarti memancing korban untuk mengunjungi halaman tertentu.

Phising di Facebook berarti Hacker menggunakan segala cara untuk memancing anda agar mengunjungi halaman Facebook palsu (Fake Login Facebook).

Phising Facebook merupakan cara yang paling sering digunakan dalam Facebook Hacking.
Cara Phising-nya antara lain:

1. Mengirim Email palsu
IntinyaHacker mengirim sebuat email kepada anda yang seolah-olah merupakanemail dari Facebook dan anda diminta untuk mengunjungi sebuahlink/url/alamat situs.

2. Melalui IM(internet messenger)
Misalnya Hacker masuk kesebuah room di YM(Yahoo Messenger) dan mempost sebuah link Facebook Palsu.

3. Melalui sebuah situs
misalnya :
a)Hacker membuat sebuah Blog dan memposting artikel menarik tentangFacebook dan mengarahkan anda ke halaman login Facebook palsu.
b) Dengan memberi komentar beserta link Facebook palsu diartikel sebuah situs
c) Hacker menggunakan situs2 iklan baris gratis/non gratis untuk mem-post tulisan ajakan-nya.

4. Dll

Cara Kerja Fake Login Facebook
Sayaanggap anda sedang mengunjungi sebuah halaman login Facebook palsu dansaya akan menerangkan cara kerja-nya berdasarnya kualitas pengecoh dariFake Login tersebut.

1. Simple Fake Login (Low Quality)
Andamemasukkan username dan password akun Facebook anda, maka username danpassword anda akan terekam oleh Hacker pemilik halaman login palsutersebut. Anda tidak dipindahkan kemana2 alias tetap berada dihalamantersebut.

2. Standar Fake Login (Medium Quality)
Andamemasukkan username dan password akun Facebook anda, maka username danpassword anda akan terekam oleh Hacker pemilik halaman login palsutersebut, Lalu anda di-redirect(dipindahkan) secara otomatis ke halamanFacebook asli seakan2 anda salah memasukkan username atau password.Sehingga apabila anda memasukkan lagi username dan password, makabenar2 masuk ke akun Facebook anda.

3. Best Fake Login (High Quality)
Andamemasukkan username dan password akun Facebook anda, maka username danpassword anda akan terekam oleh Hacker pemilik halaman login palsutersebut, Lalu anda di-redirect(dipindahkan) secara otomatis ke halamanFacebook asli "DALAM KONDISI LOGIN" atau anda memang benar2 masuk keakun anda tanpa masalah.

Saya yakin anda dapat menyimpulkan sendiri seberapa kecil tingkat kecurigaan anda dari ketiga jenis fake Login diatas.

Cara menghindari Phising
GAMPANG SAJA, BIASAKAN UNTUK MELIHAT ALAMAT DI-ADDRESS BAR BROWSER ANDA SEBELUM LOGIN. PASTIKAN KALAU BENAR-BENAR HTTP://WWW.FACEBOOK.COM/ ATAUHTTP://LOGIN.FACEBOOK.COM/ DAN SEJENISNYA. INTINYA HARUS"[DOT]FACEBOOK[DOT]COM".

Sekilas tentang penulisan fake url (url/alamat palsu)
Contoh:
misalkan alamat http://www.myherro.com adalah alamat fake login Facebook-nya.

kode html:
http://www.facebook.com

hasilnya:
http://www.facebook.com

Yang tampil/tertulis adalah http://www.facebook.com dan tujuan/halaman yang terbuka adalah http://www.myherro.com.
Saat ini kebanyakan halaman situs fake login sudah diblok agar tidakbisa dibuka, tak peduli apakah tujuan dari halaman fake login tersebutbenar2 untuk menipu atau hanya sekedar untuk pembelajaran saja. DuniaHacking tak akan pernah berhenti untuk berkembang. Seberapa tangguh pun cara mengantisipasinya, para Hacker selalu bisa menemukan celah baru untuk menjebol keamanan sebuah sistem.

Tak perlu berbasa-basi panjang lebar, sekarang kita masuk ke-cara berikutnya dalam ilmu Facebook Hacking dan menghindarinya.


2a. Fake Email [1] (Hacker menipu Calon Hacker)
Caraini sangat ampuh untuk menipu calon Hacker lulusan TK(Taman Kanak2).Sebenarnya cara ini tidak termasuk dalam ilmu Hacking, karena murni penipuan. Tapi karena yang ditipu adalah calon Hacker, maka saya masukkan dalam artikel "Cara Hack Facebook dan Menghindarinya".

Berikut contohnya, jika anda menemukan artikel cara hack Facebook seperti ini jangan pernah mengikutinya.


Cara Menghack Facebook dengan Email

Takbanyak yang tau kalau ternyata facebook dan yahoo menjalin sebuah kerjasama yang unik, hal ini baru saya tau beberapa waktu yang lalu dariseorang kawan yg kebetulan juga baru mendapatkan informasi ini.

Dan dengan memanfaatkan celah dari kerja sama inilah kita dapat mengetahui password dari account facebook seseorang dengan sangat mudah.

Saya sendiri sudah mencoba beberapa cara dan selalu gagal, sudah men-download berbagai macam software dalam usaha ini tapi tetap saja tak berhasil mendapatkan password account yg di incar.

Tapi ternyata, setelah mengetahui celah ini, saya sampai merasa bodoh sendiri. Karena ternyata sangat mudah mendapatkan password facebook seseorang jika kita tau cara yg tepat.

Dan sama sekali tidak memerlukan software…!!

semoga bisa menjadikan pembelajaran dan atisipasi bagi temen" yg membaca artikel ini
Indahnya bisa berbagi lagi ..CMIIW JUST NEWBIE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar